Detail Cantuman Kembali

XML

Tugas Akhir : Perencanaan Bentuk Lambung Kapal Fast Craft Displacement Untuk Kebutuhan Patroli Dan Penjagaan Daerah Perbatasan


ABSTRAK
Hambatan dan olah gerak merupakan salah satu faktor utama yang
mempengaruhi proses perencanaan kapal. Kapal dengan bentuk lambung yang
bagus akan mengahsilkan hambatan dan olah gerak yang baik sehingga operasional
dan pergerakan kapal lebih baik. Pada penelitian ini fokus kepada memodifikasi
bentuk lambung tunggal menjadi lambung cathedral dengan memperhatikan
hambatan dan olah gerak sesuai dengan standar kriteria umum untuk kapal militer.
Hasil penelitian berdasarkan analisa numerik (Maxsurf-Hullspeed-Seakeeper).
Perhitungan hambatan kapal dapat dilakukan dengan meotde Savitsky dengan 3
fase, fase dispalcement, fase pre-palning, fase planing. Perhitungan olah gerak
kapal dapat dilakukan dengan mengvariasi kecepatan kapal (0 knot, 15 knot, 30
knot), variasi sudut hadap (0 derajat, 45 derajat, 90 derajat, 135 derajat, 180
derajat), serta variasi gelombang ( 0,5 rad/sec, 1 rad/sec, 1,5 rad/sec, 2 rad/sec, 2,5
rad/sec, 3 rad/sec, 3,5 rad/sec). Hasil dari penelitian akan memperlihatkan data
perbandingan bentuk lambung tipe V dan bentuk lambung tipe M dilihat dari
hambatan dan olah gerak kapal serta memperlihatkan perbandingan standar kriteria
bentuk lambung tipe V dan lambung tipe M dari masing-masing gerakan (heaving,
rolling, pitching)
Kata kunci : monohull, cathedral, hambatan, seakeeping, maxsurf.

Hamdani
M. Firdaus - Personal Name
TP.00000 Fir p
TP.00000
Text
Indonesia
Program Studi Teknik Perkapalan
2016
Bengkalis
xv + 54 hlm.: ilus.: tabel.: 29.7 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...


New Books